Sabtu, 24 September 2011

HIMstage : Virus kematian ( MyFace Band )


Bandung 25 September 2011. Setelah meluncurkan single “Andai Ku Bisa”pada Februari 2011, grup band asal Bandung, MYFACE band meluncurkan special song “Virus Kematian (SayNoToDrugs!)” sekaligus album “Terbang” di kali Cikapundung Bandung, Minggu 25 September 2011.

Band bergenre experiment pop rock berpersonil 5 orang yang sebagian masih berstatus mahasiswa ini ingin memaknai kehadirannya dengan sesuatu yang berbeda. Grup band lain meluncurkan album di Cafe, TV atau tempat2 nyaman lainnya, mengapa peluncuran album di tengah kali?

“Cuma bantu bersih bersih kali sedikit. Sudah lama tidak ikut gotongroyong di kampung. Generasi muda tidak perlu menunggu tua dalam melakukan sesuatu yang berguna bagi orang banyak. Anak anak band dengan caranya sendiri ,katakan melalui musik, dimampukan mendorong sesamanya, maupun masyarakat umumnya untuk, misalnya mencintai lingkungannya yang tengah dilanda pemanasan global (global warning)” kata bang Jepe, Pengasuh MYFACE Band dari JP Music.”Anak anak MYFACE belum melakukan sesuatu yang berarti atas kali Cikapundung yang panjangnya 15 km itu. Tapi anak anak band juga bisa menggemakan jangan buang sampah ke kali karena akan menyebabkan banjir. ” tambahnya.Semua personil dan manajemen MYFACE serta Facestar (fans MYFACE) dibantu oleh puluhan anggota komunitas Cikapundung, sore itu turun ke kali memungut sampah.

Mengapa single ke-2 memilih tema Anti Narkoba melalui lagu “Virus Kematian (SayNoToDrugs!)”, sementara boyband lagi ramai dan bukankah tema cinta akan lebih menjual?

“Tema lagu cinta bisa diekspresikan dengan cara lain. Kalau cinta dengan pacar, keluarga dan masa depan, bisa kan dengan menjauhi narkoba? Kami cuma sekedar mengingatkan bahwa kita juga perlu hidup sehat tanpa narkoba. Lagu ini memang sudah diterima oleh lembaga yang mengurus soal Anti Narkoba sebagai salah satu lagu kampanye hidup sehat tanpa narkoba, tapi sebetulnya kan tugas setiap orang dan anggota masyarakat untuk saling mengingatkan". kata Poetra sang Vokalis.

Lagu “Virus Kematian (SayNoToDrugs!)” yang berirama rock nge-beatdari petikan pertamanya, memang enak didengar. Petikan rock dengan distorsi yang tidak terlalu tebal,dan suara petikan bernuansa “british” pop,membuat lagu ini terasa lebih anak muda dan bisa masuk ke semua kalangan. Semakin menarik karena lagu ini diramu dengan celotehan rap dan choir (koor) sehingga bisa dinyanyikan bersama. Dan yang paling penting tentu liriknya yang tidak menggurui.

Apa hubungan event kali Cikapundung dengan album MYFACE, apakah MYFACE punya lagu tentang lingkungan hidup?

“Dalam album Terbang ada 9 lagu, tetapi lagu tentang lingkungan mungkin masuk album ke-2 yang materinya sudah mulai terkumpul. Hari ini MYFACE memperdengarkan lagu“Bandung Euy!" yang bercerita tentang betapa indah dan cantiknya bumi Parahyangan. Do you love your city? So please do something...heheh... ”,kata Poetra, sang vokalis yang menciptakan seluruh lagu MYFACE.

Buku“Bikin Band Itu Gampang!”

Peluncuran album MYFACE di arena event Braga Festival 2011 dan HUT Kota Bandung yang ke-201 berlangsung cukup semarak. Main stage tempat launching album tsb juga diramaikan oleh 50-an grup band Indie Bandung. Acara launching album MYFACE juga ditandai dengan perkenalan buku “Bikin Band Itu Gampang!” yang ditulis oleh Bang Jepe.

Oh, buku sederhana itu saya tulis semata mata sebagai orang tua, bolehlah disebut orang tua anak band, ingin sedikit berbagi pengetahuna dan pengalaman kepada anak anak band yang dalam usia muda mencoba peruntungan di industri musik. Sebetulnya lebih banyak bercerita tentang manajemen. Harapan saya bisa menjadi peta kecil menuntun dan mengefisienkan jarak tempuh perjalanan sebuah band mencapai cita citanya. Bayangkan, omzet industri musik dunia ternyata mencapai Rp 750 Trilyun, dan di Indonesia diperkirakan mencapai Rp 10 Trilyun. Itu seharusnya memotivasi grup band agar masuk industri dengan perencanaan yang baik “katanya.

Bagaimana dengan album TERBANG?

“Promo single ke-1 “Andai Ku Bisa” dan special song “Virus Kematian (SayNoToDrugs)” jalan terus. Album TERBANG berisi 9 lagu ini baru dijual secara fisik CD pada awal Nopember 2011, kemungkinan dibundling dengan penjualan kartu perdana sebuah operator telco terkemuka di Indonesia. Tapi secara digital fulltrack-nya dijual melalui http://www.importmusik.com Kami label kecil banyak sekali dibantu oleh Radio Radio, media online, media cetak dan TV, kebetulan materinya bagus, heheh...

Alhamdulillah ya, lagu lagu MYFACE menarik perhatian sebuah Content Provider di Hongkong sehingga sejak Agustus 2011, fulltrack dan RBT MYFACE sudah dipasarkan di Hongkong, Macau dan China . Kalau di Indonesia RBT kita sudah kerjasama dengan Import Musik-nya bang Abdee Negara. Doain ya. “ kata Jepe mengakhiri.


Jepe | JP Music
Jl Kawung Ece 23 Bandung 40123
Tel/Fax:+62 22 2502400
HP : 085720022727
Pin BB : 2146E771
MYFACE Band

Tidak ada komentar:

Posting Komentar