Jumat, 23 Desember 2011

HIMstage : Sepanjang jalan kenangan ( The Rain )

Single Pertama Album JINGGA SENJA DAN DERU HUJAN
Telah tiga tahun sejak THE RAIN merilis album Perjalanan Tak Tergantikan (2009). Kini di tahun ke-10 perjalanan mereka, kuartet asal Jogja yang beranggotakan Indra Prasta ( vokal / gitar ), Iwan Tanda ( gitar ), Ipul Bahri ( bass ) dan Aang Anggoro ( drum ) ini kembali lewat album kelima yang berjudul Jingga Senja dan Deru Hujan. Ini adalah jeda-antar-album terlama sepanjang perjalanan THE RAIN. Ke mana saja mereka selama tiga tahun ini?

Setelah dirilis pada Januari 2009, album Perjalanan Tak Tergantikan berhasil menelurkan 4 buah single. Di sela jadwal panggung sepanjang awal 2010, Indra dan Aang menulis Komik Cihuy Anak Band, sebuah komik banyolan tentang dunia anak band Indonesia. Dirilis pada pertengahan 2010, KCAB segera menjadi bahasan hangat di kalangan media, pelaku industri musik dan dunia komik dalam negeri.

Beberapa bulan kemudian, sadar bahwa mereka belum punya cukup waktu untuk menggarap album, THE RAIN merilis sebuah single baru berjudul Bermain Dengan Hatiku sebagai jembatan menuju album kelima. Band yang sering menyebut diri mereka sebagai orkes kuartet keliling ini baru mulai merekam demo album kelima pada awal 2011, berbarengan dengan dimulainya tur mereka ke puluhan sekolah. Jadwal tur yang diberi nama tur Jagoan Muda ini menunda banyak sesi rekaman hingga pertengahan 2011.

Dari belasan lagu yang direkam, lagu Sepanjang Jalan Kenangan dipilih menjadi single pertama. Lagu lawas karya mendiang Is Haryanto ini pertama kali mereka rekam secara iseng saat penggarapan album ketiga THE RAIN, Serenade (2007). Direkam spontan secara live, lalu demonya tersimpan hingga ditemukan lagi empat tahun kemudian.

Pada pertengahan tahun 2011, THE RAIN membawakan lagu ini saat manggung live di sebuah acara televisi. Sesaat setelah turun panggung, banyak komentar positif yang masuk dari berbagai pihak, tak sedikit yang meminta agar lagu tersebut dimasukkan ke dalam album baru. Dua minggu kemudian, THE RAIN benar-benar merekam lagu Sepanjang Jalan Kenangan di sesi terakhir rekaman album Jingga Senja dan Deru Hujan.

Sepanjang Jalan Kenangan, sebuah komposisi yang sederhana namun menyentuh, menandai 10 tahun perjalanan THE RAIN.


Band management:
Roberto Pieter 0818951886
Hary Kace 081806850985

GREEN ENT
Jl. Danau Poso Blok D1/19
Pejompongan-Bendungan Hilir
Jakarta Pusat 10210

Telp. 021. 573 6154
Fax. 021. 578 54217
Twitter: @therainband

Tidak ada komentar:

Posting Komentar