Sabtu, 06 Juli 2013

HIMstage : Pengalaman pertama ( Fairuz A. Rafiq feat. Miladian )


Rayakan Milad Ke-66 A. Rafiq, Fairuz A. Rafiq feat. Miladian Siapkan Single “Pengalaman Pertama”
 
Bagi keluarga besar mendiang A. Rafiq dan pecinta musik dangdut, tanggal 5 Maret selalu menjadi sebuah tanggal  yang teramat penting. Karena di tanggal tersebut,  seorang maestro dangdut bernama A. Rafiq dilahirkan. Dan kalau saja A. Rafiq masih hidup, maka hari ini, penyanyi yang selalu bergaya bak Elvis Presley itu akan merayakan hari jadinya yang ke-66.  Dalam rangka memperingati milad ke-66 A. Rafiq yang wafat pada 19 Januari 2013 lalu, NAGASWARA mempersiapkan peluncuran single “Pengalaman Pertama” yang dinyanyikan Fairuz A. Rafiq feat. Miladian band. 
 
Diperkenalkannya kembali lagu “Pengalaman Pertama” oleh Fairuz dengan menggandeng Miladian, tentu saja bukan tanpa sebab. Sejak awal, A. Rafiq memang telah meminta putrinya untuk menyanyikan kembali lagu-lagu legenda dangdut itu. Fairuz sendiri berencana membuat sebuah mini album berisi karya-karya sang ayah. Untuk itu, tahun 2011, Fairuz dengan bantuan ayahnya,  merilis single “Cintaku”. A. Rafiq tidak hanya menjadi pencipta lagu, tapi juga mengisi vokalnya dalam lagu tersebut. Meski dalam kondisi sakit, A. Rafiq memberikan dukungan yang luar biasa kepada putrinya.
 
“Ini yang tak bisa aku lupakan,” kata Fairuz.
 
Sementara, pilihan berduet dengan Miladian dalam lagu “Pengalaman Pertama” adalah untuk mencari sebuah format musik yang baru. Secara pribadi, Fairuz sendiri merasa terbebani dengan sukses lagu tersebut. Apalagi, di tahun 2002, Chrisye sempat mendaur ulang lagu tersebut menjadi sebuah nomor “baru” yang berbeda dari versi aslinya. Bersama Miladian, band asal Pekanbaru, Riau, Fairuz mencoba meramu konsep terbaik untuk “Pengalaman Pertama”.
 
Musik lagu tersebut sepenuhnya dikerjakan oleh Miladian.  Sebelumnya, band yang beranggotakan Yonggi (vokal), Dery (gitar), Awi (keyboard), dan Farid (drum), sudah merilis single perdana mereka yang berjudul “Menanti Jawaban”.  Konsep musik band ini, lebih kental ke gaya akustikan dan rasa country.
 
“Biar lebih update, lagu ini akan diisi dengan sentuhan DJ. Tapi benang merahnya sebagai lagu dangdut tidak akan hilang,” terang Fairuz.
 
Menurut Produser NAGASWARA Rahayu Kertawiguna, single “Pengalaman Pertama” versi Fairuz A. Rrafiq feat. Miladian, akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Hingga saat ini, lagu tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Rahayu berharap, upaya pihaknya bersama Fairuz dan Miladian menghadirkan kembali karya A. Rafiq dapat memperkaya khazanah musik Indonesia. Lewat momen perayaan milad   ke-66 A. Rafiq ini, NAGASWARA juga memberikan apresisinya tertinggi “Legenda Maestro Dangdut Sepanjang Masa” kepada A. Rafiq.
 
“Saya kira, mendiang A. Rafiq pantas menerimanya. Karya-karya beliau abadi sepanjang masa, dan menginspirasi banyak orang,” kata Rahayu.
 
Siapa pun tak dapat memungkiri nama besar A. Rafiq di dunia dangdut. Kalau Rhoma Irama melakukan revolusi musik dangdut dengan memasukkan musik rock ke dalam dangdut, maka A. Rafiq adalah sosok yang memadukkan ikon fesyen rock ‘n roll Elvis Presley ke dalam musik dangdut. Dalam buku “Dangdut; Musik, Identitas dan Budaya Indonesia” (2012) karya Andrew Weintraub, disebutkan bahwa bersama Ellya Khadam, A. Rafiq sudah meretas jalan musik dangdut di akhir tahun 1960-an, sebelum musik rakyat itu benar-benar lahir bersama Rhoma Irama di tahun 1970-an. (PR)
 
 
Indra.rbk
Promotion Department Nagaswara
Mobile : 081322929344 - 087782521958 I Pin : 2A9EF549
Email : indrarbk@gmail.com, indra.rbk@nagaswara,co.id
YM : indra_rebecca, Twitter : @indrarbk
Office :  Jl. Johar No. 4U Menteng - Jakarta Pusat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar