Sabtu, 24 Agustus 2013

HIMstage : Di ujung jalan ( SamSonS )


SAMSONS - PRESS CONFERENCE
21 Agustus 2013 @ The Foundry No.8
SAMSONS BICARA TENTANG VOKALIS, SINGLE DAN ALBUM BARU!
 
Jakarta - Rabu (21/8/13), menjadi salah satu hari yang paling ditunggu oleh penggemar musik Indonesia serta para awak media. Pasalnya, pada tanggal tersebut SamSonS mengadakan Press Conference di The Foundry No.8, SCBD, Jakarta Pusat, untuk mengumumkan kepada publik perihal vokalis baru, single baru, serta album terbaru mereka. Pada hari yang sama, SamSonS juga telah lebih dahulu melakukan pemutaran serentak single perdana ”Di Ujung Jalan” yang diikuti oleh 134 radio di seluruh Indonesia.
 
Hari itu pula menandakan akhir dari perjalanan panjang SamSonS dalam melakukan pencarian vokalis baru menggantikan Bams yang telah hengkang sejak Agustus tahun 2012 lalu. Kini, waktunya untuk mengumumkan kabar gembira ke setiap orang yakni sang vokalis baru SamSonS; Aria Dinata. Karena alasan efektifitas, proses pencarian vokalis baru SamSonS telah dilakukan secara tertutup semenjak Oktober 2011 lalu.

“Proses audisi vokalis dilakukan dengan memberikan materi lagu baru SamSonS di album ke-4 ini kepada semua para calon vokalis yang kami audisi. Kami lakukan hal itu karena mengharapkan siapapun calon vokalis SamSonS pada waktu itu adalah sosok yang mampu memberikan warna dan rasa baru terhadap musik SamSonS,” ungkap Irfan ketika menjelaskan tentang proses audisi calon vokalis baru.
 
Bukanlah sebuah pekerjaan mudah untuk mencari pengganti Bams. Namun, AriaDinata kandidat ke-10 yang direferensikan oleh beberapa kerabat SamSonS dari Banjarmasin akhirnya berhasil merebut perhatian Irfan dkk. Kharisma yang diberikan oleh AriaDinata melalui suaranya di setiap lagu dirasa dapat memberikan jiwa dan penyampaian yang sangat sentimental. Hal ini disebabkan karena AriaDinata merupakan bukan sosok baru di belantika musik Indonesia. Ia merupakan mantan vokalis dari sebuah grup band yang menjadi Grand Finalist di ajang festival bergengsi musik A-mild Live Wanted tahun 2008 yang kemudian menuntun AriaDinata memasuki ranah industri musik professional di Indonesia pada tahun 2010 hingga saat ini.
 
“Aria Dinata adalah sosok vokalis yang sangat kuat dari karakter suara dan kemampuan teknis vokal. Hal ini dirasakan dari awal proses audisi hingga proses rekaman. Dari segi teknis AriaDinata memiliki range 4 tingkat lebih tinggi dari vokalis SamSonS sebelumnya. Dari sisi karakter vokal AriaDinata memiliki ciri khas berupa ‘husky’ voices dalam timbre suaranya. Itu adalah beberapa alasan kenapa kami memilih Aria.” - Irfan SamSonS
 
Kehadiran vokalis baru juga membuka jalan bagi SamSonS untuk segera merilis sebuah album terbaru yang akan diberi judul “Perihal Besar”. Album “Perihal Besar” adalah album rekaman studio ke-4 yang memiliki proses pengerjaan paling lama selama masa karir band ini. Total pengerjaan hampir 1,5 tahun; mulai dari pencarian vokalis, pra-produksi, rekaman, perizinan dan legalitas sampai pasca produksi album tersebut.
 
Album Perihal Besar seakan mewakili luapan kreatifitas SamSonS, karena seluruh personil SamSonS terlibat dalam pembuatan lagu di album ini. Komposisi aransemen album ini juga dirasakan mengalami perkembangan yang disebabkan karena adanya vokalis baru AriaDinata, yang memiliki karakter kuat dan berbeda dengan vokalis SamSonS yang sebelumnya, sehingga rasa yang diberikannya kepada album ini menghasilkan impresi yang berbeda dan jauh lebih baik dari apa yang pernah dilakukan oleh SamSonS  di album sebelumnya.
 
“Proses pengisian vocal sebelum ada Aria Dinata adalah proses yang sangat melelahkan buat Samsons. Tapi fase tersebut telah kami lewati dan dapat mewakili aransemen lagu yang kami komposisikan. Lagu dan musik SamSonS di album ke-4 ini mengalami pendewasaan di setiap lini produksinya. Dalam divisi lirik pun dirasakan perkembangan dalam bentuk penyampaian pesan dan makna lagu tersebut.” – Irfan SamSonS
 
Sedangkan, salah satu lagu dalam album tersebut yang berjudul ‘Di Ujung Jalan’ dipilih menjadi single perdana. Proses pembuatan aransemen lagu tersebut sebenarnya cukup sulit, karena lagu tersebut awalanya adalah sebuah piano song. Tapi pada hasil brainstorming yang panjang dan melelahkan selama satu bulan, SamSonS berhasil menaklukkan tantangan dalam membuat aransemen yang paling cocok untuk lagu tersebut,” jelas Irfan. Ketika menciptakan lagu ini, Irfan mengambil inspirasi dari kisah nyata perjalanan SamSonS. Sebuah representasi yang sangat kontemplatif perihal perjalanan SamSonS dalam 3 tahun terakhir.
 
‘Di Ujung Jalan’ adalah sebuah lagu balada yang bercerita tentang harapan akan kembalinya sosok seseorang yang pernah menjadi bagian penting dari kisah kehidupan namun ternyata takkan pernah kembali.” – Irfan SamSonS
 
Ingin mengenal SAMSONS lebih dekat:
Twitter: @samsonstheband
 
 
Info lebih lanjut dapat menghubungi Universal Music Indonesia dengan :
@Universal_Indo
 
UNIVERSAL MUSIC INDONESIA
Prince Centre Building, 14th Floor (R1401),
Jl. Jend. Sudirman Kav.3-4, Jakarta 10220 – Indonesia
Phone : (62 21) 573 4566 (hunting)  |  Fax : (62 21) 570 5280

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar