Sabtu, 14 Desember 2013

HIMstage : Kebebasan ( Radhini )


Penyanyi asal Jakarta ini kembali dengan single daur ulang lagu pop klasik 90-an milik band Singiku bertajuk “Kebebasan”.
 
Penyanyi asal Jakarta, Radhini kembali dengan single terbarunya. Yang menarik adalah single terbarunya ini adalah single daur ulang dari lagu pop klasik 90-an milik band Singiku yang bertajuk “Kebebasan”.
 
Lagu “Kebebasan” sendiri pertama kali dirilis Singiku pada tahun 1996, lagu yang diciptakan oleh salah satu personilnya, Pongky Praseyto ini menjadi satu-satunya single hit dari album Cerita Pagi yang dirilis pada tahun itu.
 
Single ini, yang juga didukung dengan munculnya videoklip memorablenya yang konon, mengangkat nama Andara Early yang berperan sebagai gadis lugu berbehel gigi, menjadi satu paket mengapa Singiku dan lagu “Kebebasan” menjadi hit di era 90-an.
 
Ide untuk pilih remake lagu kebebasan ini datang dari dua produser Radhini, Rishanda dan Ifa Fachir.
 
“Setelah kita bertiga bikin musiknya pas pre-pro, kita bertiga langsung jatuh cinta sama lagu ini begitupun aransemennya,” ungkap Radhini soal ide untuk daur ulang single ini.
 
“Di lagu ini aku bisa explore suaraku lebih lagi, dan aku bisa ‘bersenang-senang’ dengan lagunya. Kalau dulu kan aku sempet keluarin teaser tapi ballad. Sedangkan ini upbeat dan ada sentuhan sound elektroniknya, jadi memang total beda tapi aku suka banget,” tambahnya.

Sedikit flashback, Radhini sendiri mendengarkan lagu ini saat umurnya masih 12 tahun, ia mengingat saat pertama kali mendengar lagu “Kebebasan” ini.
 
“Krn dari kecil sudah passion sama musik dan nyanyi, dulu inget banget pas denger lagu ini aku berpikir ‘wow lagu ini keren banget ya’. Setelah 13 tahun kemudian, which is sekarang aku dengerin tetep impressed sama lagunya,” ungkapnya.
 
Nggak banyak lagu pop Indonesia 90-an yang punya karakter, dan Singiku dengan “Kebebasan” adalah salah satunya. Radhini pun mengamininya. 
 
“Itu lagu lama yang kalau kita dengerin sekarang tetep berasa lagu sekarang, karena pemilihan sound, mixing, mastering yang gila banget moderennya,” kata Radhini.

Singiku sendiri adalah salah satu musisi yang Radhini menaruh hormat kepada mereka.

“Mereka adalah salah satu musisi yang aku angkat topi,” ungkapnya.

Itu mengapa ada banyak tantangan tersendiri bagi Radhini dalam menampilkan daur ulang lagu ini.
 
“Tantangannya adalah ini kan single pertama dari albumku yang akan datang, terus lagu ini hit banget pada jamannya. Jadi aku harus bikin gimana caranya supaya terdengar jauh berbeda dari aslinya, dan terdengar "Radhini", bukan terdengar "Singiku", “tutupnya.
 
Penyanyi yang punya nama lengkap Radhini Aprilya Hapsari ini lahir di Jakarta, 19 April 1988. Dirinya mulai terjun ke dunia musik sejak berumur 11 tahun, saat itu ia memenangkan beberapa penghargaan lomba tarik suara. Bakatnya kian diasah ketika ia mengikuti sekolah musik Purwacaraka. Selain itu, ia juga mengembangkan kemampuan vokalnya dengan mendengarkan sekian banyak penyanyi dan musisi yang jadi inspirasinya, dari mulai Corrine Bailey, Joss Stone, Duffy, Erykah Badu, Alicia Keys dan lain sebagainya.  
 
Sebagai penyanyi, Radhini telah berkontribusi sebagai penyanyi utama, penyanyi latar maupun kontributor di beberapa album dan penampilan musisi-musisi papan atas tanah air, dari  Jazzophonic & Friends, Brush Section, Rieka Roslan & The Troubadors, Adrian Martadinata, Lawrence Aswin (SOVA), Maliq & D’Essentials, 21st Night, RAN, Slank sampai yang terbaru Sandhy Sondoro.
 
Dirinya pun sempat memiliki proyek duet “Radhini Renita” yang kental dengan aliran R&B, Motown, pop dan musik tahun 90-an.
 
Semoga single daur ulang “Kebebasan” dari Radhini ini bisa memberi warna baru sekaligus membangkitkan kenangan akan musik pop Indonesia yang bagus dan berkualitas.
 
Twitter: @RADHINI_
Youtube: Radhini Aprilya
 
 
Kontak :
Wahyu Nugroho a.k.a. wahyuacum
music publicist, music writer
08170409142 | 081218091834
email: w.nugroho79@gmail.com  |  twitter: @wahyuacum 
 
Seven Music 
jl. Permata Berlian Blok Q4.27
Permata Hijau - Jakarta Selatan 12210
t: 021-5300254 | f: 021-53653298
website: www.sevenmusic.co.id  |  google +: Seven Music
facebook: www.facebook.com/Sevenesia   |   twitter: @Sevenesia
 
Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar