Jumat, 14 Februari 2014

HIMstage : Hitam putih ( Ivan Handojo )

Ivan Handojo merilis “Hitam Manis”, single ketiga yang beraroma soul. Album debutnya dirilis segera di tahun ini. 
 
Musik soul adalah musik yang punya gaya dan warna yang sangat unik. Musik ini lahir dan berkembang dari Amerika di tahun 50-an yang dibawa oleh kaum-kaum minoritas kulit hitam. Gaya musik soul terpengaruh kuat oleh musik Gospel African-American juga rhythm and blues yang memang akrab di kalangan Afrika -Amerika di era tersebut.
 
Musik soul mencapai era keemasannya di tahun 60-an lewat artis-artis populer seperti James Brown, Marvin Gaye dan Al Green juga lewat grup-grup vokal semacam The Temptation, juga lewat label-label macam Motown Records di Detroit atau Stax Records di Memphis, dan lain sebagainya.
 
Di tahun 70-an, musik soul berkembang pesat dengan munculnya hibrida-hibrida soul music, seperti munculnya funk, yang kembangkan oleh Sly and The Family Stone. On the other hand, band-band seperti Jimi Hendrix Experience adalah salah satu yang mencampurkan gaya soul, blues dan rock.
 
Di Indonesia, musik soul mulai berkembang di 70-an lewat penyanyi-penyanyi seperti Broery dan Bob Tutupoly, serta band-band macam The Rollies yang sering menyempilkan beberapa gaya soul dalam lagu-lagunya.
 
Ivan Handojo sendiri adalah penyanyi tanah air yang dibesarkan oleh musik-musik soul yang ia dengarkan sejak remaja.
 
“Saya mendengarkan banyak lagu dari Stevie Wonder, James Brown sampai Smokie Norful, dan saya merasakan bahwa musik soul juga blues sangat unik dan beda dari lainnya. Ada banyak ruang buat improvisasi di sana-sini, “ujarnya.
 
Ketertarikan yang dalam akan musik soul ini lah yang coba ia tuangkan di single ketiga yang bertajuk “Hitam Manis”. Single baru Ivan ini adalah single pertama dari album baru Ivan yang akan rilis di awal tahun 2014 bertajuk Jiwa dan Energi.
 
“Hitam Manis” yang dibangun dari 3 kunci blues ini memiliki arsiran soul dan blues yang terpancar dari tarikan vokal Ivan juga lewat melodi-melodi yang mengalir disitu.
 
“Lagu ‘Hitam Manis’ ini memang lahir dari proses jammin’ saya dengan teman-teman band di studio, ya cuma bermodal 3 kunci aja, gaya blues, namun kita aransemen sedemikian rupa jadi lebih soul,” ungkap Ivan dalam proses pembuatan lagu ini. 
 
Lirik lagu “Hitam Manis” sendiri terinspirasi dari kunjungan kerja-nya sebagai pegawai di perusaan minyak Internasional ke beberapa daerah di Indonesia, saat itu ia terinspirasi dari perempuan-perempuan Indonesia yang memiliki kulit coklat, hitam namun menurutnya itu kecantikan alami yang luar biasa.
 
“Kita ingat ada lagu ‘Hitam Manis’, yang kurang lebih liriknya memang memberikan sekuntum pujian atas perempuan Indonesia,” ungkapnya.
 
“Di barat sendiri, kita mengenal perempuan-perempuan kulit hitam yang memang manis dan eksotis, ini membelokkan stigma bahwa tidak hanya wanita kulit putih ini yang cantik, “katanya. 
 
Dan jangan lupa juga, menurutnya perempuan-perempuan kulit hitam ini yang menciptakan sejarah dari musik soul, terutama dari Aretha Franklin juga group-grup macam The Supremes, dan lain sebagainya.

Sejak kecil, Ivan memang tumbuh dalam keluarga yang intens di dalam bermusik. Ayahnya penyanyi sekaligus penulis lagu yang konstan berkarya, dan ibunya adalah penyanyi yang aktif di berbagai paduan suara gereja dan grup musik. “Sejak saya kecil, indera musik saya telah terbentuk hingga kini. Semua dengan dukungan dari lingkungan sekitar saya,” ujar Ivan yang juga menyukai penyanyi Guy Sebastian ini.
 
Faktor keluarga ini lah yang membentuk karakter Ivan menjadi lebih dari penyanyi melainkan menjadi seorang singer/songwriter.
 
Tahun 2009, penyanyi berusia 24 tahun ini bergabung dengan Seven Music dan merilis dua single,  “Pada Waktunya” dan “Singgah”. Meski terdengar pop, namun ‘benih-benih’ soul dari vokal Ivan sudah bersemi disitu. Penuh penghayatan, ‘minimalis’ namun tetap intens dan berbobot. Memikat!
 
Dan kini, berbekal single ketiganya, “Hitam Manis”, Ivan muncul kembali, melepas bayang-bayang pop dan mulai berani berjalan di warna soul dan blues yang disukainya sejak lama.   
 
Single ketiga, "Hitam Manis" ini juga sekaligus sedikit meyajikan gambaran dari album debutnya yang diberi judul Jiwa dan Energi. Album debut Ivan Handojo akan dirilis oleh Seven Music segera di tahun ini. Album ini nantinya akan menyajikan warna-warni perjalanan musikal musisi Ivan Handojo, dari dua single terdahulu, "Pada Waktunya" dan "Singgah", termasuk "Hitam Manis" serta beberapa lagu lainnya yang kesemuanya disajikan dalam bentuk fisik dan digital.  "Kita harap sesegera mungkin album debut ini bisa dirilis, "ungkap Ivan. 
 
Semoga single terbaru "Hitam Manis" dari Ivan Handojo bisa memikat masyarakat musik tanah air.
 
Twitter: @Ivanhandojo
 
 
Kontak :
Wahyu Nugroho a.k.a. wahyuacum
music publicist, music writer
08170409142 | 081218091834
twitter: @wahyuacum
 
Seven Music
Jl. Permata Berlian Blok Q4.27
Permata Hijau - Jakarta Selatan 12210
t: 021-5300254 | f: 021-53653298
 
Sumber artikel :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar