Jumat, 20 Juni 2014

HIMstage : Menggugat ( Cupumanik )

Dalam album kedua yang diberi titel, Menggugat, Cupumanik memberikan persembahan yang fresh dan kotor pada keseluruhan materi yang dimilikinya jika dibandingkan dengan album self titled perdana mereka. Setelah resmi bercerai baik-baik dengan major label dan kembali ke jalur independen sekaligus secara berurutan menelurkan single Grunge Harga Mati ( 2010 )  dan Luka Bernegara ( 2011 ), penambahan 6 lagu terbaru dihembuskan dalam kemasan yang makin kuat dengan nuansa pemberontakan dan protes dalam kegelisahan terhadap apa yang mereka rasakan dalam hidup.

Che, sebagai vokalis dan song writer seluruh lirik, bersama Eski (lead guitar), Dony (drum) dan Iyak (bass, backing vocal) meneriakkannya dalam deretan lagu yang pumping dan heavy dalam lagu-lagu seperti Omong Kosong Darah Biru, Aksara Alam (re-arrange), serta PBB (Perserikatan Bangsat-Bangsat) dan Garuda Berdarah yang sarat dengan muatan politis. Pilihan yang lebih slow dan melankolis namun tetap gagah bisa ditemui saat mendengar Broken Home dan Syair Manunggal yang bernuansa religius. Pilihan sound juga sengaja dibuat raw, mentah dan kasar, menonjolkan nuansa sound seperti saat mereka tampil live.

Lebih dalam menggali kata Menggugat yang mereka pilih sebagai titel album kedua ini, band yang lahir di Kota Kembang, Bandung sejak tahun 1996 ini menganggap kata itu mengacu  pada sesuatu yang menderita sakit, yang disebabkan oleh ketidakadilan, kebuntuan, keresahan, kemunduran dan kesalahan. Akan tetapi kata itupun mengidamkan hari esok yang lebih baik dan bebas. Subjek yang menderita itu adalah mereka dan mungkin banyak orang lain di sekitar kita. Gugatan ini mengandung energi yang besar agar keluar dari kondisi lama yang buram dan gelap.

Menggugat, kata ini ditulis dengan rasa sedih tapi dengan sikap yang teguh. Dia menjadi hidup, bergerak dan mengandung tenaga untuk melawan menyemburkan  emosi dan keresahan. Delapan lagu yang ada di album ini adalah gugatan-gugatan mereka pada hal tersebut. Cupumanik urung menjelaskan dengan terang tema apa saja yang digugat, karena setiap lagu memiliki kemampuan mengenalkan dirinya sendiri, setiap lagu punya bahasanya sendiri, dan delapan lagu yang ada di album ini akan membuka jalan interaksi, melatih intuisi, membiarkan asumsi, dan menemukan jalan komunikasinya sendiri antara Cupumanik dan para pendengar .

Syair yang ditulis di album ini adalah sikap responsif, sebuah reaksi Cupumanik dalam menyikapi berbagai hal yang dihadapi dalam hidup.  Pesan yang dimuntahkan di album ini adalah pengisian sebuah makna pada kata, "Menggugat". Album ini pun dinamakan Menggugat, dengan harapan bahwa kata itu bisa menjadi mantra, menghadirkan imaji di kepala, mengalirkan keberanian untuk mengorbankan diri demi kondisi yang lebih baik. Menggugat adalah sebuah kata yang menyatukan tekad. Maka dengan album ini, Cupumanik menuntut dan ingin terlibat dalam melakukan pencerahan dan perbaikan.

Menggugat - Track List:
Grunge Harga Mati (Re-mixing & Re-Mastering)
Garuda Berdarah
Aksara Alam (New Version)
Broken Home
Omong Kosong Darah Biru
PBB (Perserikatan Bangsat-Bangsat)
Syair Manunggal
Luka Bernegara(Re-mixing & Re-Mastering)

Artist Details
Nama: CUPUMANIK
Tanggal/Tahun Berdiri : 25 Oktober 1996
Genre: Grunge, Rock, Alternative

Personil:
Dony  Setiawan ( drum )
Eski Mulya Gunawan ( gitar )
Muhammad Riyadh a.k.a Iyak ( bass/backing.vocal )
Candra Hendrawan Johan a.k.a Che ( guitar/vocal )


DISKOGRAFI
Singles
Kuyup, 1997 ( unreleased )
Aib, 1998 ( demo version )
Rahasia Hati, 1998 ( demo version )
Aksara Alam, 2001 ( demo version )
Maha Rencana, 2001 ( bonus kaset majalah Ripple #23 )
Grunge Harga Mati ( 2010 )
Luka Bernegara ( 2011 )

Album
Cupumanik ( self titled-2005 ), Label: Pops/Aquarius Musikindo
Menggugat ( independen – 2014 )

Movie Original Soundtrack
Perkenankan Aku Mencintainya, OST. Dealova, ( 2006 )
Bukan Saat Ini, OST.  Ada Kamu Aku Ada ( 2008 )

Video
Maha Rencana - Cerahati, 2005
Bukan Saat Ini - Revolta, 2006
Ibu – UNIKOM, 2013
Grunge Harga Mati – Independen, Eko HC., 2010
Luka Bernegara – independen, Eko HC. 2011
Omong Kosong Darah Biru, Cupumanik 2014

Additional Info’s
Influenced by: Pearl Jam, Stone Temple Pilots, Nirvana, Alice in Chains, Soundgarden, The Melvins, Mudhoney, Mad Season, Iwan Fals.

Press Release
Cupumanik 2nd Album “MENGGUGAT” Release Party,
At Rossi Music, Jl. Fatmawati-Jakarta Selatan – 06 Juni 2014


Kontak :
Iyak ( Media Relation )
Cupumanik Band Management

Eko HC. & Reza
Ponsel & WhatsApp: +62-8179972967  |  +62-8129060290

Twitter: @CUPUMANIKband

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar