Minggu, 26 Oktober 2014

HIMstage : Legenda ( Ashya )




Dengan keunikan suaranya, pemenang ajang kompetisi BintangAsik, Anisah Rizqa Syafitri siap memasuki percaturan Industri musik Indonesia dengan nama Ashya.

Setiap saat, industri musik Indonesia selalu mencari talenta-talenta baru yang potensial untuk berlomba mendapatkan lampu sorot di arena musik tanah air. Ada banyak kanal yang muncul sebagai penyaring bakat-bakat tersembunyi dari tanah air untuk bersinar di Industri musik Indonesia, salah satunya adalah kompetisi menyanyi. 

Di industri musik tanah air, kita mengenal banyak kompetisi menyanyi, yang kesemuanya memiliki tujuan yang sama, mencetak calon penyanyi yang berkualitas. Bintangasik adalah salah satu ajang kompetisi menyanyi yang credible dan berkualitas. Digelar oleh Telkomsel, ajang ini dilakukan melalui telepon seluler yang dapat diikuti oleh pengguna nomor Telkomsel. Dari audisi telepon digelar selama 10 Minggu, dari 15 Januari sampai 30 Maret, ajang ini sukses menjaring lebih dari 247.000 calon penyanyi. 

Didukung oleh juri-juri yang terdiri dari pemerhati musik, wartawan juga musisi, menjadikan ajang Bintangasik ini menjadi ajang yang patut diperhitungkan dalam mencetak penyanyi berkualitas. 

Buktinya adalah penyanyi cantik dan berkualitas bernama Ashya. 

Diambil dari singkatan pemilik nama lengkap Anisah Rizqa Syafitri, Ashya adalah sosok penyanyi yang unik yang layak diperhitungkan sebagai pendatang baru di Industri musik Indonesia. Berasal dari Palembang, Ashya adalah satu dari sekian banyak calon penyanyi yang beruntung dipilih juri untuk menjadi yang bersinar. Mewakili babak demi babak, menjalani proses karantina, sampai akhirnya ia terpilih jadi yang terbaik. 

"Waktu itu saya bernyanyi 4 lagu yang berbeda, dan yang dipilih adalah suara saya ketika saya menyanyikan lagu "Somewhere Over The Rainbow"-nya Judy Garland," kenangnya.  

Penyanyi yang amat mengidolakan Afgan ini sudah suka bernyanyi dari sejak umur 5 tahun, Ia mengasah keahlian bernyanyinya dengan mengikuti les vokal sejak umur 7 tahun, dari situ lah pelatih vokalnya melihat ada bakat terpendam yang ada dari diri penyanyi tersebut.   

Sebagai penyanyi, Ashya punya tipe suara yang unik. Ia punya tipe vokal yang low dan berat, namun matang. Ini menjadi unik karena umumnya vokal suara penyanyi wanita  adalah high, ini yang lantas membuat vokal Ashya menjadi mudah diingat karena berbeda dari kebanyakan.

Single "Legenda" didapuk menjadi single yang pas untuk karakter vokalnya. Lagu ini diciptakan oleh Widi Puradiredja yang notabene adalah drummer dari band Maliq & D'Essentials. Mengenai sosok Ashya, Widi sendiri punya catatan menarik. 

“Menurut saya, Ashya lah yang paling cocok untuk menyanyikan lagu ini. Effortless tapi sangat pas dalam menempatkan emosi dan teknis di lagu ini, “aku Widi. 

Memantau kompetisi Bintangasik, Widi sudah melihat kedewasaan vokal dari Ashya.“Meski dia paling kecil umurnya, namun paling dewasa dalam hal pengaturan suara, “tambahnya. 

Proses rekaman dari lagu ini boleh dibilang cepat. Hanya butuh 2-3 kali take dengan total 1.5 jam di studio. Widi sendiri yang mengarahkan saat rekaman di studio. 

“Ashya termasuk yang paling cepat beradaptasi. Rekamannya pun cepet banget. Tidak sulit mengarahkannya. Secara mood dia udah dapet dengan sendirinya. 

Lagu “Legenda” sendiri menyajikan sebuah komposisi yang indah. Dibangun di atas notasi dan melodi, dan lirik yang manis, dengan aransemen yang sederhana, jauh dari kesan megah, namun lewat kesederhanaan ini lah kekuatan dari lagu ini, seperti ada suasana intim yang tercipta disana. 
 
Hiasan-hiasan electric piano, string section, flute, gitar yang dibangun diatas ryhthm section yaitu perkawinan antara bas dan drum yang saling menjalin, membuat sebuah landasan yang landai dan empuk bagi vokal Ashya untuk masuk dan mendarat dengan manis. 

Liriknya sendiri menurut Widi menceritakan tentang perjalanan manusia untuk meraih mimpinya, bahwa akhir yang bahagia itu harus dilalui melalui suatu proses. Di dalam proses itu tentu ada duri dan cobaan yang menyertai menjadi pelajaran dan pengalaman berharga sebagai kekuatan untuk bertahan untuk tetap melangkah hingga bisa mencapai tujuan yang diimpikan. 

Mengaca kepada Ashya, lagu ini serasa berbicara tentang dirinya, sebagai seseorang yang bemimpi menjadi seorang penyanyi, berbekal bakat yang dipunyainya, ia mengikuti kompetisi menyanyi, dengan segala cobaan dan tantangan yang ada di dalamnya, sampai ia berhasil menang dan berada di titik ini. Namun perjalanan ternyata masih panjang, karena ini adalah titik awal Ashya sebagai penyanyi baru untuk bersaing bersama dengan banyak penyanyi berkualitas untuk mendapatkan tempat di industri musik Indonesia, dan pastinya Ashya akan dihadapkan pada duri, cobaan dan tantangan yang akan ia  temukan di tengah perjalanannya sampai akhirnya kelak jika ia bisa menghadapinya, ia akan me-‘legenda’, seperti penyanyi-penyanyi papan atas dan legendaris di tanah air pada umumnya.  

Dan hasil pertemuan antara balutan lagu, lirik dan aransemen musik tersebut membuat "Legenda" menjadi sebuah lagu indah yang bisa menjadi soundtrack bagi setiap mereka yang mendengarkannya. 
 
MORE ABOUT ASHYA
Instragram: anisahrizqa
Twitter: @AshyaOfficial


MORE ABOUT SEVEN MUSIC:
twitter: @Sevenesia
google +: Seven Music 

Kontak :
AMEL
Amalia Mas'ad Suweileh
Promotion

Seven Music Indonesia
Jl. Permata Berlian, Blok Q4/27
Permata Hijau, Jakarta Selatan
DKI Jakarta, 12210, Indonesia
Telp: (6221) 53653297 |  Fax: (6221) 53653298
Mobile: (628) 1807333349

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar