Senin, 13 April 2015

HIMstage : Angin kencang ( Noh Salleh )




Musik dari negeri jiran Malaysia tidak selalu identik dengan langgam melayu yang mendayu. Noh Salleh adalah anomali. Dia hadir dengan konsep yang berbeda. Simaklah Angin Kencang. Maka akan ada rasa yang tertaut dalam hati. Perasaan nostalgik, yang langsung terasa akrab di telinga dan menghangatkan hati.


Noh Salleh adalah salah satu musisi yang paling diperhitungkan di Malaysia. Dibesarkan dari keluarga dengan latar belakang musik yang kuat, Noh sudah terjun di musik sejak usia 10 tahun dengan bermain di panggung underground di kota kelahirannya.

Berbagai genre musik ia lintasi, membuat Noh piawai dalam mengulik berbagai musik dan mencipta komposisi. Dari punk rock, hip hop, ballad hingga jazz ia lahap. Mimpi memberanikannya mengadu nasib ke Kuala Lumpur. Kerasnya hidup untuk bertahan sebagai musisi menempa Noh tak hanya dari sisi personal, tetapi juga musikalitas.

Tahun 2005, pertemuan tak sengaja di socmed MySpace membawanya membentuk grup bernama Hujan. Band ini meraih sukses dengan menyabet berbagai penghargaan. Mereka juga tampil di berbagai event musik di Inggris ( 2008 dan 2010 ), Indonesia ( 2009 ), Australia ( 2010 ), dan Perancis ( 2011 ). Di tahun 2010 Hujan merilis album ke-4 berjudul Sang Musuh, di mana di dalamnya menampilkan kolaborasi dengan deretan musisi kelas internasional seperti Yuna, Jerry Kamit, DJ Souljah, DJ 12, Wise ( Teriyaki Boyz ), dan Tarantula ( Spontania ).

Keberhasilan yang dicapai Hujan turut mendorong Noh melebarkan sayapnya, tidak hanya sebagai penulis lagu berbakat, tetapi juga musisi yang mumpuni. Noh pun menjadi komposer dan produser untuk beragam proyek musik, seperti Mizz Nina, Goldfish & Blink, Ezlynn, dan Altimet.

Kesuksesan dengan Hujan tidak menghalangi Noh untuk meraih impian yang lebih besar lagi. Di tahun 2014 ia mantap bersolo karir. Debut albumnya berjudul Angin Kencang dirilis di Malaysia pada September 2014 dalam bentuk ‘limited edition vinyl’. Album ini melejitkan hit single berjudul sama yaitu Angin Kencang. Single ini ditampilkan dalam program ‘Romantika’ di Astro TV sebanyak 13 episode. Video klipnya sendiri dibuat di Nagoya, Jepang. 

Adapun cover albumnya dibuat oleh Mayumi Haryoto, seorang ilustrator berdarah Jepang – Indonesia, yang dikenal juga menggarap album cover sejumlah band seperti Naif dan Sore. Sampul design dengan sentuhan gelap, enigmatic dan sarat dengan nuansa nostalgia mewakili lagu-lagu di album Angin Kencang ini. 

Di Indonesia sendiri, single Angin Kencang dirilis pada 11 Maret 2015 dan albumnya sendiri akan tersedia di pasaran dalam waktu dekat ini. 

Facebook : NohSalleh
Instagram: @mohammadnohbinsalleh
Twitter : @MohdNohSalleh


Kontak :
Sundari Mardjuki
Marketing & Communication Manager
Sony Music Entertainment Indonesia
Jl. Johar No.13, Menteng
Jakarta 10350 - Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar