Jumat, 18 Maret 2016

HIMstage : Kurikulum di hatimu ( V1MAST )


Fenomena bolos sekolah memang tidak asing lagi, terlebih di negara kita, Indonesia. Perilaku pelajar sekarang semakin meresahkan, pamit kepada orang tua untuk sekolah, nyatanya tidak sampai ke sekolah. Tidak jarang banyak ditemukan kejadian di jam sekolah, pelajar yang masih menggunakan seragam berkeliaran di tempat-tempat hiburan, warung makan, warung internet, dan lainnya.
 
Jika disadari, dampak bolos sekolah bisa merembet ke berbagai hal seperti naiknya jumlah kasus tawuran, penggunaan narkoba, balap motor yang berimbas pada kecelakaan, seks bebas, pelecehan seksual, dan lain-lain. Seperti tawuran, Sebanyak 19 pelajar tewas sia-sia dalam tawuran antar pelajar di Indonesia. Belasan pelajar menjadi korban dari 229 kasus tawuran yang terjadi sepanjang Januari hingga Oktober 2013. Lalu, bukannya sekolah, pelajar justru banyak terlibat dalam kasus balap liar. Berdasarkan Catatan Indonesia Police Watch ( IPW ) sejak 2009 hingga kini sudah terdapat 195 (seratus sembilan puluh lima) orang tewas di arena balap liar.
 
Dikutip dari pendapat Dinas Pendidikan Kota Bandung yang dilansir dalam berita Januari 2016, mewakili satu dari sekian daerah di Indonesia yang mengalami maraknya hal serupa, diakuinya, pelajar yang kerap kali bolos beralasan merasa jenuh dengan sistem belajar mengajar yang terlalu serius. Pelajar menuntut adanya hal-hal yang lebih kreatif dalam melakukan proses belajar mengajar agar tidak monoton.
 
Mendikubud Anies Baswedan menyampaikan “sudah seharusnya mengembalikan kesenian dalam konteks belajar mengajar, membuat anak-anak mendapat kesempatan berinteraksi, mendapat modal tambahan untuk jalani perannya,” katanya.
 
Banyak usaha untuk melakukan penertiban dengan tujuan baik yaitu menekan ulah siswa membolos. Berangkat dari data-data itulah, V1MAST, band duo dengan personil Viza K. Mahasa ( vokal, gitar, dan gamelan ) serta Vais Randi ( drum ) membawa sebuah lagu yang akan menjadi hiburan baru yang layak untuk mengingatkan pentingnya sekolah dengan cara yang sangat kreatif. Indonesia, siap-siap untuk merasakan nostalgia akan kerinduan suasana di sekolah, melalui single terbaru V1MAST, Kurikulum Hatimu.
 
Viza sebagai pencipta lagu mengungkapkan bahwa di single ini ada keunikan tersendiri yaitu V1MAST berhasil membuat singkatan yang catchy untuk setiap mata pelajaran yang disebutkan dalam Reff, “Coba, siapa yang sangka MATEMATIKA adalah singkatan dari MATI-MATIAN NGEJAR KAMU, dan masih banyak lagi. Kurikulum Hatimu juga menceritakan momen-momen naksir-naksiran dengan teman di sekolah, yang ternyata bisa jadi obat biar gak bolos sekolah lagi! Hehehehe.. Gue yakin ini pasti juga kejadian sama banyak orang yang dulu pernah sekolah atau masih sekolah”, ungkap Viza semangat. Vais menambahkan, “Lagu ini sukses bikin ketawa-ketawa sendiri sih, jadi inget dan kangen masa-masa paling menyenangkan, masa sekolah!”
 
V1MAST mewakili generasi muda memiliki gagasan tersendiri untuk mengajak anak muda kembali ke sekolah, karena sejatinya, motivasi untuk bersekolah bisa dimulai dengan menemukan cinta di sekolah, yang berujung pada tercapainya cita-cita. V1MAST juga menegaskan, bahwa saat-saat paling indah di sekolah tidak akan bisa diulang, jadi nikmati selagi bisa, manfaatkan masa sekolah untuk membekali masa muda supaya kelak bisa menjadi masyarakat yang berguna bagi negara dan mencapai V1CTORY MASYARAKAT ( V1MAST ). Untuk kamu yang setuju dengan V1MAST, bisa mulai request lagu ini di radio kesayanganmu dan pakai juga RBTnya !
 
Untuk informasi lebih lanjut:
Social Media : @V1MAST
Website : www.V1MAST.com
Available on : iTunes, Deezer, & layanan musik digital lainnya ( oleh Proaktif )
 
Fwd from  :  @gilang_ar  ( 08170005445 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar