Rabu, 31 Agustus 2016

HIMstage : Kau tak disini ( Lingua ft. Maya Hasan )


Dahulu dan Sekarang
Usaha dan Harapan
Tersatukan Semangat
Teriring Doa
Menjadikan Lingua
MAMPU BERTAHAN”
 
Begitulah kutipan di atas yang membuat Lingua mampu bertahan dan berkarya setelah kurang lebih 16 tahun vakum di industri musik Indonesia. Di tanggal 22 Juli 2016 Lingua akan mengeluarkan single terbaru dari album “MAMPU BERTAHAN” yang akan dikeluarkan di bulan September 2016. Single terbaru Lingua yang berjudul “KAU TAK DI SINI” karya dari Ipey Amir, yang pula menampilkan salah satu musisi harpa terbaik di Indonesia yaitu Maya Hasan. Di single “KAU TAK DI SINI”, Lingua melibatkan Iwang Noorsaid sebagai penata musik yang juga menjadi pengarah musik untuk album “MAMPU BERTAHAN” dan Dody Is (Kahitna) untuk pengarah vokal di single “KAU TAK DI SINI” dan album “MAMPU BERTAHAN”.
 
Pengerjaan aransemen lagu ini juga boleh dibilang tidak mudah. Di intro lagu, Iwang memulainya dengan  mengajak Maya Hasan, untuk bersama memainkan alat musik mereka masing-masing dalam tempo bebas ( rubato ). Frans dan Arie membuka bait-bait awal  lagu "KAU TAK DI SINI" dilanjutkan oleh Amara di bagian refrain pertama. Di tengah lagu, pengembangan aransemen terasa begitu mendalam oleh instrumen-instrumen yang memang dipilih Iwang untuk mewakili suasana lagu tersebut tanpa lupa menyisipkan efek-efek suara yang memberikan warna modern.
 
Di sisi aransemen vokal, Dody Is sebagai pengarah vokal, menggunakan ciri khas vokal Lingua sebagai daya tarik terdepan dari lagu "KAU TAK DISINI" dengan harmoni, kanon dan aransemen yang menarik di telinga pendengar musik Indonesia, terutama para penggemar Lingua yang sudah belasan tahun menunggu kembalinya Lingua. “Kami senang bisa hadir lagi di industri musik Indonesia di saat banyak sekali perubahan sistem produksi musik di era digital yang sedang marak, tanpa merubah karakter Lingua. Jadi kami nggak merasa harus bersaing”, tukas Amara.
 
Dalam penggarapan single “KAU TAK DI SINI”, yang dimulai pengerjaannya sejak Maret 2016, Iwang Noorsaid bersama Lingua mencoba memberikan aksen arransemen yang elegan melalui petikan harpa Maya Hasan. “Saya baru pertama kali bekerjasama dengan Lingua dan kebetulan saya langsung suka sama lagunya” ungkap Maya Hasan.
 
Sebagai kelengkapan penampilan "come back" nya, Lingua juga mengeluarkan video musik lagu "KAU TAK DI SINI". Dalam penjelasannya Arie mengatakan, "Lingua juga tidak pernah lepas dari 3 hal yang menjadi perhatian khusus : pilihan lagu, aransemen vokal, dan video klip. Kami selalu excited untuk mencari konsep video klip".
 
Untuk single pertama, Lingua kali ini memberikan kepercayaan pada seorang sutradara film layar lebar, Nayato Fio Nuala untuk menterjemahkan maksud konsep sederhana dan elegan yang diminta oleh Lingua. Nayato langsung menyambut permintaan tersebut, "Saya liat anak-anak Lingua punya konsep bagus dan saya pernah bekerja sama dengan mereka di beberapa project lain. Lalu saya pikir kenapa ngga kita kerja bareng dengan suasana asik". Nayato melanjutkan.
 
Lingua diambil dari kata Linguistik yang artinya dalam bahasa latin; Bahasa. “Bernyanyi adalah juga berbahasa. Kita menuturkan bahasa diiringi musik , maka bahasa kita menjadi universal cakupannya”, jelas Frans.
 
Lingua adalah konsep Trio di industri musik Indonesia yang memiliki format dua penyanyi laki – laki dan satu penyanyi perempuan yang terbentuk pada tahun 1996 dengan Album “BILA KU INGAT” dengan lagu hits “Bila ku ingat” dan “Jangan Kau Henti”, Album “BINTANG” di tahun 1998 dengan lagu hits “Takkan habis cintaku” dan “Bintang” dan Album “AKU” Repackage di tahun 1999 dengan lagu hits “AKU”. Lingua mampu bertahan dengan format awal yaitu : Tuwuhadijatesih Amaranggana ( Amara ), Francois Mohede ( Frans ) dan Arie Widiawan Riadi ( Arie ).
 
Penyanyi : LINGUA
Lagu : KAU TAK DISINI
Featuring : Maya Hasan
Lagu/lirik : Ipey Amir
Penata Musik : Iwang Noorsaid
Pengarah Vokal : Dody Is
Operator Rekam : Wanto MixOneTwo
Operator Mixing : Wanto MixOneTwo
Operator Mastering : Hok Laij
Video Klip : Nayato Fio Nuala
Produser : Frans Mohede
Label : Lingua Musik
Twitter : @Lin9ua
Instagram : @linguaofficial
Facebook : Lingua
YouTube : Lingua Official
Kontak  : Rey Idris Letlora ( 0819 1045 4999 )


PT. Lingua Musik Indonesia
Menteng Square, Komplek Perkantoran Lantai 3,
Tower A - AO26
Jl. Matraman No. 30E
Jakarta Pusat 10320
Phone : +62-21-29614285
Mobile / Whatsapp : +62 819 10 454 999

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar