Sabtu, 03 Maret 2012

HIMstage : Maafkan ( S’lancar )

Tumbuh dari formasi band, kini Tyas muncul sebagai solois dengan nama panggung S’LANCAR. Tyas S’LANCAR lahir di Madura (Sampang) 10 Agustus 1983, hijrah ke Jakarta pada tahun 2008 bersama teman-teman bandnya. Sebagai vokalis sekaligus creator dari lagu-lagu band terdahulunya: Orion, Tyas terbiasa untuk mandiri dalam bermusik. Tyas belajar main gitar sejak SMP, dan sejak saat itu pula ia mencoba-coba menciptakan lagu, total sudah ada 70 lagu.  Muncul sebagai penyanyi solo atas keputusannya sendiri karena pada pertengahan tahun 2009 para personil Band Orion ( termasuk Tyas ) pulang ke kampung halaman masing-masing, namun setelah itu hanya Tyas yang kembali ke Jakarta.

Alasan ia memilih nama S’LANCAR? Ternyata itu merupakan singkatan: Selalu Lancar. Tyas menambahkan, bahwa nama tersebut merupakan doa baginya, sebagai orang yang berjuang mencapai impian. “Sesuai dengan motto hidup saya yang sederhana: wajib sukses”, tambahnya. Selama di Jakarta, Tyas bergabung dengan komunitas Pemusik Taman Barito di Jakarta Selatan. “Gabung di komunitas Pemusik Taman Barito, saya belajar banyak soal musik dan juga belajar bertahan hidup, bergaul dengan orang-orang yang alhamdulillah baik semua kepada saya”, jelasnya. Dari sanalah Tyas S’LANCAR belajar menciptakan lagu, memperdalam kemampuan bernyanyi dan bermain gitar.

Lagu ciptaan Tyas yang berjudul Maafkan ternyata sudah lebih dahulu popular di Youtube. Bahkan sempat beberapa kali lagu itu dipakai di tayangan televisi. Sayangnya, kesimpang-siuran info tentang pencipta dan penyanyi lagu Maafkan tersebut membuat Tyas S’LANCAR tidak seterkenal lagunya. “Banyak sekali di situs-situs download illegal yang membubuhkan nama Enda UNGU sebagai penciptanya. Saya tidak tahu siapa yang mengupload”, kata Tyas. Enda UNGU sendiri pada saat ditanyakan menjawab: “Waduh, itu sudah jelas bukan lagu ciptaan saya ataupun saya yang menyanyikan, saya sendiri bingung kenapa nama saya ada disana. Terlebih lagi, saya jadi penasaran siapa yang menguploadnya ke internet. Mengingat sifat internet yang luas dan anonymus, sepertinya akan memakan waktu untuk mencari jawabannya”.

Namun lagu Maafkan pula yang mempertemukan Tyas dengan seorang produser bernama Pak Yongki ( produser ST12  dan d’Bagindas ). Pak Yongki memperkenalkan Tyas kepada Trinity Optima Production yang kini menaungi Tyas untuk merilis single perdana: Maafkan.  Lagu Maafkan ini bernuansa pop-rock, alunan nadanya mengingatkan kita pada slow-rock di era 80an namun dengan sentuhan pop yang kental.

Bercerita tentang sebuah penyesalan seseorang yang sadar telah menyakiti kekasihnya terus-menerus. Saat kekasihnya tersebut pergi meninggalkannya, maka orang ini pun menyadari bahwa tidak ada yang bisa menggantikan kekasihnya. Lirik lagunya terdiri dari kata-kata yang lugas dan bercerita dengan apa adanya, tidak memkai kiasan-kiasan. Sebuah permintaan maaf sekaligus penyesalan yang  jujur. Diantara 70 lagu ciptaannya, Maafkan dipilih sebagai single andalan karena lagu ini memang mempresentasikan S’LANCAR, karakternya sangat kuat dan memang diangkat dari pengalaman pribadi Tyas.

“Saat ini, saya bekerjasama dengan Trinity Optima Production untuk merilis single Maafkan. Mungkin setelah ini akan merilis single kedua. Saat ini, konsentrasi terpusat pada bagaimana respon masyarakat terhadap lagu Maafkan. Mudah-mudahan setelah diterima dengan baik di ranah musik Indonesia, rencana bikin album bisa terwujud. Saya ingin memakai 70 lagu yang telah saya ciptakan, mohon doanya” – Tyas (S’LANCAR).


Kontak : IPAM
081380040848
@ipamhostel @ipamutter
Trinity Optima Production
Jl. Hayam Wuruk No. 58. Jakarta 11160, Indonesia
Telp. +62 21 6012700 Fax. +62 21 6014644
Follow Us    :   @TrinityOptimaP @vidialdiano   
Fan Page    :   TrinityOptimaP , Vidi-Aldiano
Website   :   www.trinityproduction.com 
WAP  :    kampungseleb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar