Senin, 16 Mei 2011

HIMpreview : LG Smart TV – Integrasi revolusioner TV+PC dalam satu layar besar

Introduksi

Apa yang anda bayangkan saat melihat gambar di samping ini ? Sebuah monitor komputer jenis baru yang canggih ? Model gress dari sebuah pesawat televisi layar datar ? Atau jenis tablet pc generasi baru yang menggunakan remote control ? Supaya rasa penasaran anda segera terjawb, temukan jawabannya dengan membaca artikel dibawah ini sekaligus menjadi yang pertama tahu dan bisa menikmati gaya baru menjelajahi luasnya cakrawala pengetahuan di jagat maya.

  
Integrasi TV+PC

Perkembangan teknologi televisi bisa dianggap tertinggal jauh dibandingkan dengan perangkat teknologi lain, katakanlah dengan handphone atau komputer. Dulu yang dianggap telepon hanya sebagai alat komunikasi suara yang disambungkan kabel, lalu disusul dengan perangkat pager yang memperkenalkan komunikasi teks yang dikirimkan via gelombang. Tak lama kemudian, handphone dengan bentuk sederhana hadir dengan mengkombinasikan format layanan suara dan teks pager untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang mobilitasnya tinggi. Gebrakan teknologi muncul dalam bentuk smartphone yang seolah menggabungkan kecanggihan komputer berinteraksi dengan dunia maya dalam satu genggaman tangan.

Sedangkan komputer, dari yang mulanya berbentuk pc desktop yang cukup memakan tempat meja kerja, lalu muncul notebook dengan penampilan yang lebih ramping dengan unsur fungsionalitasnya dan netbook bagi mereka yang mementingkan kesederhanaan dan mobilitas tanpa meninggalkan keandalan sebuah komputer personal. Tak lama berselang, kemunculan tablet pc bisa dibilang merupakan generasi lanjutan bagaimana sebuah handphone dan komputer bertranformasi menjadi sebuah perangkat yang mengagumkan, baik sebagai sarana penunjang kerja maupun piranti multimedia yang mengasyikkan.

Lalu apa kabarnya dengan televisi ? Perangkat yang satu ini mungkin bisa dibilang cukup lambat perkembangannya dari sisi teknologi. Kebanyakan orang mengenalnya sebagai penyaji tayangan siaran audio visual yang tidak perlu ”di-upgrade” kemampuannya. Bilapun ada, paling itu sebatas fitur teletext atau bilingual yang layanannya terbatas. Beberapa tahun belakangan ini muncul kebutuhan konsumen tertentu untuk menyaksikan tayangan televisi yang lebih tajam, real, dan praktis. TV konvensional yang berbentuk tabung hitam putih hingga berwarna mulai berganti dengan seri flat/slim yang hemat tempat. Disusul denga mulai diperkenalkann istilah baru dalam teknologi monitor tv dengan jenis produk seperti : PlasmaTV, LCD, LED, sampai ke fitur 3D yang mulanya diterapkan pada kenikmatan menyaksikan film layar lebar.

Oh, ya ada lagi satu fitur yang sepertinya menjadi jembatan kolaborasi teknologi televisi berpadu dengan komputer, apalagi kalau bukan : HDMI. Jika perangkat komputer kita hendak dijadikan gerbang menonton siaran tv biasanya memerlukan semacam tv tuner atau melakukan streaming online dengan kualitas gambar yang kurang memuaskan, bagaimana kalau konsepnya dbalik menjadi : sebuah tv dijadikan sebagai perangkat informasi dan hiburan tanpa batas dalam tampilan visual yang lebih besar dan gambar tetap tajam namun kecanggihannya seakrab kita terbiasa mengaksesnya via komputer pada umumnya ?


LG SMART TV : Sebuah persembahan revolusioner

LG sebagai salahsatu perusahaan asal Korea Selatan yang merupakan perusahaan nomor satu untuk 8 kategori produk elektronik di Indonesia * ( lihat keterangan tambahannya dibawah artikel ini ) dan sudah berulangkali mendominasi berbagai penghargaan selama 5 tahun terakhir ini tentu tak ketinggalan untuk terus memuaskan kebutuhan konsumen dalam menyajikan produk premium dengan teknologi terdepan yang tepat guna untuk membuat hidup terasa mudah dan menyenangkan. Di kategori produk Home Entertainment, hadir dua inovasi terbaru dari LG, yakni : LG 3D Cinema TV dan LG Smart TV. Namun untuk artikel kali ini, pembahasan dibatasi pada mengeksplorasi keunggulan LG Smart TV saja.

LG Smart TV diperkenalkan dengan 5 kemampuan dasar yang powerful, yakni : Point, Click, Control, Simply, Smarter. Berbagai menu widget yang tersedia akan membantu anda menjelajahi informasi akan fungsi-fungsi unggulan yang terdapat dalam seri TV ini. Misalnya LG NetCast yang membantu pengguna mengakses internet tanpa perantaraan koneksi PC. Sebagai alternatif, pengguna dapat menggunakan sambungan Wi-Fi sesuai router yang telah di-setting sebelumnya sehingga pemakaian kabel yang tidak mengelokkan mata dapat diminimalisir. Untuk opsi koneksi lainnya, tersedia juga port USB 2.0 yang bisa digunakan untuk akses flashdisk. Tak lupa, pada perangkat tv canggih ini disematkan pula dengan pengaturan konsumsi energi dengan menu LG Intellligent Sensor. Wah, benar-benar sebuah perangkat TV internet yang smart. Eits, tapi itu baru sebagian saja, silakan disimak lebih lanjut berbagai fitur unggulan lainnya dibawah ini yang mengusung tema : easy, more, & fun.


Magic Motion Remote Control
Bila perangkat komputer memiliki mouse sebagai perangkat untuk akses click, drag, dan drop, lalu apakah perangkat serupa harus dipakai pula untuk mengeksplorasi kecanggihan LG Smart TV ? Eits, fungsi-fungsi mouse tersebut telah terintegrasi dengan remote control khusus yang dipakai. Tombol-tombol remote konvensional yang bikin pusing kini berganti dengan alat kontrol yang modern dan menyenangkan. Untuk mengetahui secara sederhana cara kerja fitur canggih ini, silahkan anda mengikuti program simulasinya lewat kompetisi Magic Motion Games Challenge yang ada di  http://lgsmart3d.com/magic-motion-game/ ( berhadiah loch ).


Smart Share
Visualkan imajinasi dan inspirasi dalam format layar lebar. Yup, kini rekaman gambar ( bahkan video ) yang tadinya hanya bisa dilihat besaran tampilannya sebatas batas monitor handphone, kamera digital, tablet, maupun smartphone bisa dihadirkan dalam versi yang besar dengan akses nirkabel. Pemindahan konten dari pc pun bisa dilakukan secara realtime melalui perangkat yang kompatibel. Sebuah bentuk konvergensi teknologi yang berkelas.


Media Link
Bila dalam proses pembuatan artikel, kita kerap membuat catatan kaki sebagai keterangan tambahan atas topik tertentu yang tengah dibahas, demikian juga fitur media link ini memberika semacam informasi atas konten yang sedang/ingin ditayangkan. Untuk mengakses fitur ini, sebelumnya anda perlu menginstal aplikasi PLEX terlebih dahulu di perangkat yang tekoneksikan.


Web Browser
Apa gunanya komputer zaman sekarang bila tidak bisa mengakses website ? Atau apa pantas disebut smartphone kalau tidak bisa membuka situs online ? Demikian juga dengan LG Smart TV, pastinya tidak afdol kalau tidak menyediakan menu berselancar di dunia maya. Bila rata-rata ukuran monitor komputer yang umum dipakai antara 14-15 inch, bayangkan kenyamanan anda menikmati internet dengan ukuran monitor minimal sebesar 32 inch, pasti tidak perlu sambil memicingkan mata khan ? 


Home Dashboard
Disini fungsi personalisasi yang membuat LG Smart TV anda dipastikan akan berbeda dan unik dibandingkan dengan perangkat LG Smart TV yang dimiliki orang lain. Tampilan mukanya akan memberi anda kendali untuk mendesain widget mana saja yang diperlukan ataupun tidak, mana yang sering diakses maupun tidak, dan seterusnya. Tak pelak fitur navigasi yang kelihatannya sepele namun penting ini mendapatkan penghargaan inovasi dalam Consumer Electronic Show di Las Vegas tahun 2011. 


Full of entertainment and fun
Bila iPad memiliki App Store, Blackberry memiliki App World, Android mempunyai Android Market, nach LG Smart TV pun tak mau kalah memberikan beragam aplikasi menarik bagi pengguna TV di rumah, baik untuk hiburan maupun mengisi suasana santai. Fitur LG App Store akan otomatis ter-update melalui LG Smart TV Software Updates secara berkala, sehingga anda senantiasia mendapatkan versi aplikasi paling baru.


A whole new level of content
Detikcom, Kaskus, Liputan6, dan The Jakarta Post adalah sebagian dari situs lokal pilihan yang bisa diakses secara khusus, layaknya seperti menu ekstension pada browser Google Chrome. Tentunya provider media online yang akan diajak kerjasama akan terus bertambah mengikuti kebutuhan konsumen. Sesuai prinsip “think globally, act locally”, disini cara LG mendekatkan diri dengan pasar agar sebuah produk maupun brand lebih dekat secara emosional bagi para pelanggannya.



Selanjutnya apa ?

Sebuah lompatan revolusioner dalam industri perangkat televisi telah dimulai. Meski mungkin awalnya akan terseok-seok karena faktor persaingan dengan piranti mobile lain yang sudah hadir lebih dahulu dan kendala harga TV internet yang dianggap belum rasional bagi sebagian kalangan, namun memang kadangkala teknologi maju sering mendahului trend pasar. Pernah mendengar seloroh komparasi brand image ponsel menyangkut : ”teknologi yang mengerti anda” versus ” buat anda yang mengerti teknologi” ? Lalu menurut pembaca, dimanakah posisi LG Smart TV ?

Ketika demam Facebook dan Twitter belum mewabah, handphone berkemampuan 3G nyaris tidak dilirik, karena tokh kebutuhan pengguna selular untuk ”stay connected” kala itu belum terbentuk. Demikian juga dengan produk TV berbasis internet seperti ini tampaknya memang perlu membangun ”demand” terlebih dahulu, baik lewat presentasi maupun demonstrasi produk. Yang paling sederhana tentunya adalah dengan menawarkan benefit LG Smart TV dibandingkan dengan membeli tv dan komputer secara terpisah bagi konsumen rumahan yang perlu sering terhubung dengan dunia online, misalnya difokuskan dulu pada : pedagang situs online, pemain saham, penggila jejaring sosial, dan seterusnya. Kerjasama dengan pengusaha perhotelan dan/atau apartemen juga mungkin bisa jadi bentuk kolaborasi yang menarik sebagai wadah promosi dan sosialisasi akan lahirnya produk inovatif LG Smart TV ini.

Berbagai aplikasi multimedia yang biasanya tersedia dalam smartphone maupun komputer pada umumnya akan bisa dibenamkan lewat tv canggih ini. Fitur e-learning maupun tele-conference mungkin bisa dijadikan aplikasi bernilai tambah lainnya yang bisa ditawarkan bagi kalangan pendidik dan dunia bisnis. Dan bila nantinya fasilitas koneksi IPTV benar-benar sudah dipasarkan secara massal, perangkat seperti LG Smart TV sepertinya akan banyak diburu masyarakat. Tak lupa, harga yang terjangkau umumnya kerap menjadi faktor penting untuk meraih pangsa pasar secara massal tanpa mengorbankan mutu di tengah kondisi masyarakat yang masih sensitif soal harga.

Imajinasi dan inspirasi itu kini sudah ada di layar besar anda, khususnya lewat LG Smart TV. Jadi memang langkah responsif dan inovatif LG ini merupakan salahsatu wujud komitmen bagi para konsumen untuk senantiasa dipuaskan melalui barisan produk elektronik berkualitas terbaik dan terdepan disamping tentunya dukungan layanan purna jual yang prima. Life’s Good.

.......
HIMpreview | Jakarta | 16 Mei 2011 | YM/FB/Twitter : himfiles

KONTAK 

Lebih dekat dengan LG Smart TV, akses ke http://www.lgsmart3d.com/
Facebook : lgsmart3d
Twitter : @lgsmart3d
LGhere4U – bebas pulsa : 0800-123-7777

 
* Note : LG membuka tahun 2011 ini dengan prestasi yang membanggakan dengan diraihnya penghargaan GfK ( Growth from Knowledge ) sebagai perusahaan elektronik dengan penjualan tertinggi selama tahun 2010. Perusahaan ini terbukti mampu mengungguli para pesaing utamanya untuk 8 kategori produk, yakni : Air Conditioner, LCD TV, Plasma TV, DVD BluRay Player, Refrigerator, Washing Machine, Home Theater System, dan LCD Monitor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar