Sabtu, 16 Juli 2011

HIMstage : Aku cinta Indonesia ( NTR – Night to remember )


Aku Cinta Indonesia . Sebuah kalimat yang bagi orang – orang generasi dewasa tua akan mengingatkan mereka pada berbagai macam jargon propaganda nasionalisme jaman orde baru di masa pemerintahan Seoharto. Di era tersebut muncul sebuah serial televisi dengan Judul A.C.I (Aku cinta Indonesia) lengkap dengan theme song berjudul sama A.C.I (Aku Cinta Indonesia ). Tentu saja lagu yang hadir adalah lagu yang sangat bersahaja sesuai dengan masa itu.
Meskipun demikian lagu tersebut cukup berhasil sedikit banyak mengukuhkan rasa nasionalisme pada para kaum muda masa itu. Lalu bagaimana bila lagu dengan tema yang sama di masa kini di buat oleh anak muda Indonesia dengan kemampuan bermusik yang jauh lebih maju dari masa itu, serta tentunya teknologi yang lebih mutakhir untuk mensuport pembuatan lagunya. Apakah dapat memberi pengaruh yang sama besar seperti lagu kelasik A.C.I (Aku cinta Indonesia) pada masanya?. Jawabannya tentu saja bisa ya , bisa juga tidak. Satu lagu yang di yakini memiliki ruh nasionalisme yang sangat kuat serta aura yang mampu membangkitkan semangat untuk mencintai negeri ini adalah satu buah lagu berjudul 'Aku Cinta Indonesia' milik satu buah band Power Pop yang baru saja merubah namanya dari NIGHT TO REMEMBER menjadi NTR.

NTR yang selama ini hanya menjadi singkatan dari nama band ini memasuki tahun 2001 benar – benar berubah menjadi Official Id dari grup band asal Jember ini. Masih berpersonilkan Dema (Vokal & Piano) , Arbil (Gitar), Kandar (Gitar), Waski (Bass) dan Kiki (drum). Perubahan nama ini untuk mempermudah penyebutan mereka juga untuk menghindari dualisme pengenalan nama band mereka. Pengukuhan nama NTR telah pula mereka lakukan dengan akun twitter @WeAreNTR serta website mereka www.wearentr.com. Dari segi musik Perubahan nama menjadi NTR juga merupakan simbol perkembangan musik mereka yang berubah menjadi lebih matang dan lebih dewasa.

Satu buah lagu pertama yang mereka suguhkan untuk pecinta musik Indonesia dengan nama NTR adalah lagu yang mengisahkan tentang kecintaan para personilnya kepada negeri Indonesia berjudul ' Aku Cinta Indonesia'. Di ciptakan oleh sang vokalis, Dema menceritakan tentang betapa alam Indonesia yang begitu Indah lengkap dengan segala budaya dan unsur – unsur luar biasa lainnya yang melengkapai keluar biasaan Indonesia. Sebagai anak muda para personil NTR mengukuhkan tekad dan semangatnya untuk membangun Indonesia melalui lagu ini. Selain itu NTR juga mencoba untuk tetap memandang positif Indonesia di tengah berbagam macam pemberitaan buruk tentang Indonesia yang berbuah rasa pesimis di banyak hati masyarakat Indonesia.
Kami merasa sangat prihatin dengan begitu banyaknya Orang Indonesia yang mulai runtuh akan rasa banganya kepada Indonesia serta begitu banyaknya orang yang pesimis memandang Indonesia dalam waktu kedepan di akibatkan banyaknya kebobrokan yang terjadi serta berbagai pemberitaan yang selalu saja negatif tentang negeri ini. Untuk itu kami mencoba untuk berada di sisi berbeda dengan memandang Indonesia dengan cara yang lebih positif dan berharap masyarakat lainnya mengikuti kami dengan sedikit menggeser sudut pandang dan lebih positif terhadap masa depan negeri ini. Jelas Arbil, sang gitaris.

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya di atas mengnenai musik NTR yang jauh lebih matang dan dewasa. Perkembangan tersebut sangat bisa dirasakan ketika kita mendengar lagu 'Aku Cinta Indonesia” ini. Pada bagian intro kita langsung di kejutkan dengan teriakan – teriakan khas penari kecak dari Bali lengkap dengan suara gamelan Bali yang berdenting dan bergelentang dengan sangat khas bersama dengan Pad Synthesizer setelah itu di lengkapi dengan vokal Dema, berlanjut dengan dentaman drum dari kiky, sebelum akhirnya raungan gitar dari Kandar dan Arbil menyahuti melengkapi proses 'perkawinan' antara musik etnik Indonesia dengan musik modern power pop khas NTR. Seperti dua unsur warna yang berbeda di gabungkan perlahan tapi pasti berubah membentuk satu buah warna baru yang unik. Silahkan bayangkan sendiri bagaimana proses pencampuran ini terjadi kemudian setelah itu nikmati dan hayati proses tersebut dengan mendengarkan langsung lagunya, 'Aku Cinta Indonesia'.
Kehebatan aransemen lagu ini tentu saja tidak hanya terjadi pada bagian intro saja , pada pertengahan lagu para personil meningkahi lagu ini dengan benyanyi bersama ala choir tetap dengan iringan Gamelan Bali dan teriakan para penari Kecak yang kali ini hadir dengan sedikit tersamar. benar – benar cara yang luar biasa untuk membalut sebuah karya lagu yang indah dan bertenaga.

Langsung saja simak karya dari putra – putra anak bangsa yang mencintai negerinya Indonesia. Dan rasakan totalitas para pemuda ini dalam membalut karya musik mereka untuk menjadi persembahan yang sangat maksimal untuk negeri tercinta mereka Indonesia.

Fauzan - Promotion
E-MOTION ENTERTAINMENT
Jl Blora No 5 Jakarta 10310
Tlp/Fax : 021-310 3888/021-315 5777
Hp : 087870553939
Twitter : @fauzanzz
YM       : fauzanzz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar