Kamis, 07 Juni 2012

HIMstage : Jika ada ( Shaheila O )

Young, Outside the box, and different. Itulah tiga kata yang bisa mewakili sosok Shaheila O, ketika bertemu untuk pertama kalinya.

Young.

Shaheila O yang akrab dipanggil She ini baru menapaki usia 22 tahun. Dia lahir di  London 6 April 1989 bernama lengkap Shaheila Naafissa Gianetti. Campuran darah Jawa-India-Sunda dan Italia mengalir dalam dirinya. Kenapa nama panggungnya Shaheila O ? Karena ia mengidolakan Karen O, vokalis dari band asal New York bernama Yeah Yeah Yeahs.

Di usia muda ini, She sudah berkiprah dalam industri hiburan. Diawali dengan kecintaannya pada dunia dance. She masuk sekolah balet sejak usia bocah. Ketika beranjak remaja, ia pun mengasah kemampuan lewat dance kontemporer dan hip hop dance. Bersama grupnya, ia aktif di berbagai pentas dance. Prestasinya terus berlanjut. Puncaknya adalah ketika ia mendapat tawaran untuk manggung keliling dunia selama setahun penuh. Tetapi tawaran menggiurkan itu ia lepas. Ia mempunyai impian lain yaitu dunia tarik suara.

Outside the box.

Sebagai Aries sejati, She dikenal keras jika mempunyai kemampuan. Ia seorang risk taker. Terbukti karier di dunia dance yang cemerlang dengan tawaran manggung berskala internasional ia lewatkan. Ia tahu apa yang dia mau, menjadi penyanyi. Sebenarnya dunia menyanyi bukan hal baru bagi dia. Disela aktifitas dance, dia juga berkecimpung di dunia musik. Ia membentuk grup band bersama teman-teman sekolahnya. Ia juga sempat memegang keyboard, gitar, hingga bass. Musik sudah bagian dari dirinya sejak kecil. Dulu, ketika teman-teman seusianya masih menikmati lagu anak-anak, ia sudah menyimak musik-musik keras koleksi omnya. Lagu-lagu milik band rock dari Guns N’ Roses hingga  Motley Crue, hapal di luar kepala. Adapun untuk musisi dalam negeri, ia mengidolakan Iwan Fals dan Slank.

Awal tahun 2011 ia mulai berkonsentrasi menggarap lagu-lagunya. Single pertama yang diluncurkan bertajuk WOW. Ini adalah lagu daur ulang ciptaan Oddie Agam yang pernah dipopulerkan oleh Vina Panduwinata. Di tangan She, lagu ini dibawakan dengan warna yang berbeda. Terimakasih kepada Tohpati sebagai music director yang meramu lagu ini dengan apik. Campuran pop, R&B, Soul, Rap, rock, bahkan musik tradisional Bali pun digabungkan menjadi komposisi yang unik dan menarik. Untuk suara rapnya, She mempercayakan pada Eitaro, penyanyi yang dikenal di kalangan anak-anak hip hop.

She mengaku butuh waktu lama dalam mempersiapkan lagu ini demi menghasilkan hasil yang sempurna. Bahkan musik dasarnya sempat diganti tiga kali. Tetapi hasilnya memang WOW...patut diacuingin jempol. Semenjak dirilis pada Juni 2011 lalu, lagu WOW langsung mendapatkan respon positif dari pendengar radio dan menjadi airplay dengan rotasi kencang.

Untuk video klipnya tak kalah uniknya. Mengambil lokasi di beberapa sudut kota Singapura. Fajar Bustomi yang bertindak sebagai sutradara mengemasnya dengan tampilan nge-pop dan vibrant.

Single berikutnya adalah lagu religi bertajuk Usaha dan Doa, dimana ia berduet dengan penyanyi Dai Adnan. Lagu ini diciptakan oleh Bemby Noor, komposer yang mencetak lagu hit-lagi hit milik Afgansyah Reza dan Vidi Aldiano. Adapun aransemen lagunya dipegang oleh Iwan Hasan. Tantangan yang lumayan berat bagi She adalah dari segi penghayatan. Maklum lagu ini memuat nilai-nilai spiritual, yang membuat She sempat harus mengulang rekaman berkali-kali karena terbawa oleh emosi dari lagu ini.

Di video clip Usaha dan Doa arahan sutradara kondang Monty Tiwa, She memperlihatkan kemampuan beraktingnya. She sempat menekuni dunia sinetron dan FTV, tapi dia merasa dunia seni peran bukanlah dunia nya, dia lebih tertarik ke dunia tarik suara yang bisa sekaligus memperlihatkan kemampuan dance nya.

Different.

Setelah dua singlenya diluncurkan, She sudah mempersiapkan single berikutnya. Keinginan She untuk tampil beda terlihat dari pemilihan lagu yang mengandung unsur blues. Maka lahirlah lagu berjudul Jika Ada, hasil kolaborasinya dengan Abdee Negara. Lagu ciptaan Ade Govinda ini cepat akrab di telinga. Dengan arahan Rayen Pasto sebagai vokal director, She menyanyikannya dengan lepas.

”Dari dulu saya suka dengan musik rock blues. Jadi senang banget bisa membawakan lagu ini. Apalagi saya dapat berkolaborasi dengan musisi idola saya, Abdee Negara,” celoteh gadis yang pernah menjadi stylist Vidi Aldiano dan bermain dalam film Mengejar Mas Mas itu.

Selain memperhatikan betul bagaimana musiknya, She juga sangat peduli terhadap penampilan dan perfomance di panggung. Dibesarkan ditengah keluarga yang masih menjunjung tinggi adat ketimuran, She ingin bahwa budaya Indonesia tidak kalah pamor ditengah budaya pop yang identik dengan dunia barat. Maka diatas panggung, ia akan dengan luwes menyanyi sambil ngedance. Gerak tarian hip hop dan modern dance, ia padukan dengan gerak tarian jaipong dan tari bali. Untuk urusan fashion, ia mempunyai keunikan sendiri. Ia mengkombinasikan kebaya yang telah dimodifikasi menjadi bercapuchon, yang dipadankan dengan celana jeans belel. Dan voila....She pun melenggang dengan percaya diri.

Mau tahu lebih banyak tentang ShaheilaO ? Ikuti kicauannya di : @shaheilaO
Video klip: http://youtu.be/c2xIIHVxUYg


CONTACT : DEPIC PRODUCTION
Graha Toejoeh Empat, Jl. Wolter Monginsidi No. 15,
Kebayoran Baru, Jakarta 12110, Indonesia
Denal ( hp: 081511311025, 082122726555, ph: 7220588, fax : 7230289 )
BB PIN : 21DD6E3F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar