Sabtu, 30 April 2011

HIMstage : Album HOP3 ( RAN )

HOP3 ! Inilah yang ditunggu-tunggu, album baru  milik Rayi, Asta dan Nino : RAN. Ya setelah sukses dengan album kedua, Friday yang dirilis hampir 2 tahun lalu, HOP3 akhirnya resmi dirilis hari ini, Kamis 3 Maret 2011. HOP3 adalah full album ketiga RAN yang isinya 8 track lagu. Salah satunya adalah “Mencuri Hati” single perdana dari album HOP3 yang sudah lebih dulu dirilis akhir tahun kemarin.

HOP3 boleh jadi adalah album yang paling special buat RAN. Kenapa? 
Pertama ada pesan yang ingin disampaikan RAN lewat album ini. “Banyak musibah, kejadian, dan kemunduran di banyak aspek di Indonesia. Misalnya bencana, pembajakan, korupsi dan masih banyak lagi. Album ini merepresentasikan harapan yang sedang dibutuhkan di negeri ini. Mudah-mudahan melalui lagu-lagu di album HOP3 bisa memotivasi orang untuk berbuat positif sehingga menjadi harapan baru,” cerita Rayi, Asta dan Nino.

Kedua, album ini memberikan banyak pengalaman baru bagi personil RAN. Salah satunya proses preproduction yang mulai dicicil disela-sela kesibukan RAN manggung. RAN merekam satu-dua demo/ guide lagu secara on the road.

Tidak jarang Rayi, Asta dan Nino melakukan workshop di kamar hotel ketika sedang show di luar kota. Mengerjakannya di airport saat menunggu jadwal pesawat, bahkan Asta sempat mengerjakan preproduction album ini  di pantai waktu show di Bali. Boleh dibilang album ini dimewakili semua kota di Indonesia.

“Prosesnya kalau dibanding dua album sebelumnya jelas sesuatu yang beda. Feel-nya beda dan sudah pasti rasanya seru!” aku Asta Andoko. Album ini mulai direkam bulan Desember tahun 2010. Proses  rekaman pun terhitung cukup singkat  hanya menghabiskan total 2,5 bulan.

Lainnya yang tidak kalah spesial, Rayi, Asta dan Nino sukses mem-produce semuanya sendiri. Hal yang berbeda jika dibandingkan dengan dua album sebelumnya. Untuk HOP3, RAN terhitung cuma mendapat bantuan dari Irvnat sebagai vocal director untuk semua lagu di album ini. Dan Cindy Bernadette  yang menggarap vocal untuk lagu Mencuri Hati. Rayi, Asta dan Nino kian leluasa menata musik dan semua aransemen lagu-lagu yang masuk dalam HOP3 termasuk dalam mengkonsep artwork album ini.

Lantas, apa bedanya HOP3 dengan dua album sebelumnya? Lagi-lagi ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.  Pertama, dialbum ini RAN  maju dengan konsep yang lebih digital. “Album ini feel-nya lebih digital. Kami banyak meng- eksplorasi sound-sound digital. Alasannya? karena RAN ingin terus berkembang seiring perkembangan teknologi,” terang Rayi.  Tetap sama seperti  album perdana RAN For Your Life dan album kedua Friday, album ini tetap terdengar simple dan easy listening

Beberapa lagu menawarkan beat yang belum pernah dibawakan oleh RAN sebelumnya. Tema besarnya masih cinta, tapi ada beberapa lagu yang lepas dari tema cinta. Misalnya Sepeda, lagu upbeat ini adalah salah satu lagu yang mengajak untuk ramai-ramai bersepeda. Kondisi yang belakangan ini memang sedang ramai dilakukan RAN dan teman-teman.  
 
Bukan cuma ada lagu baru, di album RAN me-recycle lagu yang dulu sangat ngetop di tahun 90-an. Pilihannya adalah Kulakukan Semua Untukmu, lagu yang dulu hits dinyanyikan duet Fatur dan Nadila. “Kulakukan Semua Untukmu adalah lagu dari masa kecil kami,” cerita Nino. Ya, urusan me-recycle lagu memang hal baru mengingat RAN baru melakukannya di album HOP3. 

RAN bersama dengan Mojopia, subsidiari dari grup Telkom meluncurkan program komunitas SMS “Diary RAN”. Peluncuran program ini juga disertai dengan dirilisnya Album ke-3 RAN : HOP3.

Pelanggan Telkomsel yang setia mengikuti program diary dan NSP ini, berkesempatan untuk mengajak 3 teman lainnya untuk liburan bareng RAN ke Universal Studio Singapore! Di akhir program, akan ada 3 pemenang beruntung yang dapat mengajak 3 teman lainnya untuk liburan seru bersama RAN ke Universal Studio Singapore. Menyenangkan, bukan?

Program “Diary RAN” di *800*85# Telkomsel akan mengirimkan sms mengenai kegiatan sehari-hari RAN baik dari keseluruhan band maupun masing-masing personel. Tidak hanya itu saja, dalam “Diary RAN” ini kita bisa mengetahui jadwal konser dan juga curhatan Rayi, Asta dan Nino sehari-hari. Sebuah program yang pastinya tidak akan dilewatkan oleh para RANners panggilan untuk fans mereka. Para pelanggan SMS Diary RAN akan mendapatkan NSP dan bonus foto eksklusif RAN. Untuk berlangganan, tarif yang dikenakan adalah Rp 2000/hari dan untuk NSP Rp 3000/minggu. Program ini hanya berlaku untuk pelanggan Telkomsel.

Tidak hanya itu, bagi RANners yang ingin mendapatkan merchandise ekslusif seperti CD "HOP3" yang sudah di tanda-tangani plus foto ekslusif dari RAN, bisa mendapatkannya di www.plasa.com.
Ingin tahu kegiatan dan curhat mereka sehari-hari? Ikuti “Diary RAN”, hanya dengan menghubungi *800*85# khusus untuk kamu pelanggan Telkomsel!


UNIVERSAL MUSIC INDONESIA
Jl. Jend. Sudirman KAV. 3-4 Jakarta 10220
Twitter     : @UmiMusic
Informasi lebih lanjut silakan hubungi PT. Universal Music Indonesia dengan :
Eriza Meina di eriza.meina@umusic.com
Phone: 021-5734566 / Fax: 021-5705280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar