Sabtu, 02 April 2011

HIMstage : Rasa cinta ( Tongam Sirait )

Di kalangan anak muda dan mahasiswa berasal dari tanah Batak di Indonesia , nama Tongam Sirait sangat diidolakan karena dalam bermusik dia keluar dari pakem lagu batak yang cenderung mellow  ketika bersama Viky Sianipar tahun 2004, Tongam meluncurkan album Batak "Nomensen". Dengan lagu dan aransemen bernafaskan musik dunia (world music) , album Batak  tsb menjadi fenomena dan hingga saat ini masih terus digemari.

Pernah tinggal  dan bermusik di Bali dan Jakarta mengindikasikan pergaulan Tongam tidak hanya di kalangan orang Batak, juga orang asing.  Menulis lagu "Come To Lake Toba" (2004),"I Love My Lake" (2009), “Heaven" (2009), "Prison of Love" (2010), Tongam merasa  berhutang jika tidak mencipta dan menyanyikan lagu Indonesia. Lagu lagu Tongam yang bertema lingkungan (khususnya Danau Toba) akan diaransemen ulang dan dikompilasi untuk kampanye penyelelamatan danau Toba ke seluruh dunia. Ratusan lagu saat ini ada dalam laptopnya dan secara bertahap akan diluncurkan, atau dinyanyikan generasi yang lebih  muda.

Saat ini Tongam (lahir 07-08-1968) dengan anak istrinya memilih tinggal di kampung Tigaraja , di tepi danau Toba, Parapat, Kab Simalungun, Sumatera Utara namun Tongam masih melakoni "ngamen" dari  kampus ke Kampus dari kota ke kota di seluruh Indonesia, terakhir di ITB Bandung Nopember 2010 lalu, April 2011 yad di ITS Surabaya. Pada bulan Juni 2011 yad Tongam mendapat undangan  “ngamen” selama 3 bulan di Belanda.

Single "Rasa Cinta" (2010) ini merupakan "project experiment" bersama JP Music yang dalam peluncuran tanpa gembar gembor Januari 2011 lalu cukup mendapat perhatian beberapa radio di Indonesia. Dengan suara berkarakter penyanyi kulit hitam, lagu berlirik puitis (ada selipan lirik Inggrisnya)  dan "dalam" yang berirama reggae punk rock ini cukup easy listening, penuh kejutan dalam  aransemen musiknya. Perhatikan petikan gitar Latinnya, irama rapnya, reggaepunk-nya dan terakhir hentakan rock-nya mengingatkan  kita pada Alice Cooper, semua dipadu satu dan mengalir harmoni. Bisa juga disebut “ experiment nano nano” karena memadukan 5 jenis genre dalam 1 lagu !

Aransemen musik dikerjakan sendiri dan direkam  di Studio Rumah  JP-12A  Bandung,  mixing dan mastering dikerjakan di KMA Studio (Wawan Qreebow) Jakarta (siapa tak kenal Wawan)  dan diedarkan oleh JP Music Bandung. Distribusi digital  (full track dan RBT) dilakukan  melalui Import Musik,Jakarta (http://www.importmusik.com)

CD musik (fisik)  Lagu "Rasa Cinta" ini  telah dikirim ke 250 Radio dalam CD sample radio MYFACE Band (Januari 2010), berada pada track ke-3. Bagi rekan yang ingin mendengarkan lagu ini dapat mengontak :
FB : Tongam Sirait

Tongam berharap lagu ini bisa meramaikan musik Indonesia.
Terima kasih, salam musik Indonesia.


James Purba
JP Music, Produser,
Jl Kawung Ece 23 Sukaluyu Bandung 40123
Tel/Fax:+62 22 2502400
HP : 081321018197
Pin BB : by request


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar