Jumat, 22 April 2011

HIMstage : Nol besar ( Thinkerbelle )

THINKERBELLE : EMANSIPASI, ANGKLUNG & MUSIK ROCK
Tiga wanita ini mengaku bisa mengekspresikan naluri musik mereka dalam sebuah band beraliran rock. Karakter berbeda dari ketiganya tergabung menjadi  satu kekuatan besar dalam kolaborasi menyuarakan emansipasi dan penyetaraan gender. Tere, Fia dan Ika, tiga wanita tegar yang tergabung dalam group band bernama THINKERBELLE dan siap bersuara untuk kaumnya lewat jalur musik.  Lagu rock menjadi semacam nafas ketegaran tiga wanita ini. “Sangat pas sebagai tempat menyalurkan energy ‘pemberontakan kaum wanita’ yang berkecamuk dikepala,” kata Tere. Dan ‘pemberontakan’ itu tertuang dalam satu lagu rock  berjudul “NOL BESAR” yang baru-baru ini dirilis untuk umum.

Lagu “NOL BESAR” sendiri bagai sebuah ekspresi jeritan hati wanita yang kerap ditindas dan diperlakukan semena-mena oleh gender superior. Penyetaraan hak menjadi tema kuat lagu ini. Dan tiga wanita ini berhasil mengekspresikan serta menuangkan latar belakang masing-masing menjadi satu kekuatan musik yang dahsyat. 

 
Sekali mendayung dua tiga pulau terlewati. Tak cuma berteriak tentang emansipasi, THINKERBELLE juga punya misi dalam melestarikan musik tradisional. Mereka memilih angklung sebagai pengisi aransemen. Ini mengejutkan karena tentunya sulit untuk mengawinkan musik tradisional kedalam lagu ber-aransemen rock yang bertempo cepat. “Musik tradisional kita sangat kaya. Kita ingin membuktikan kalau tak sulit mengawinkan itu. Apalagi angklung sudah mendapat pengakuan dunia sebagai musik tradisional asli Indonesia,” bilang Tere lagi.

TERE - @teretorial
Seorang penyanyi solo yang sudah punya nama diblantika musik tanah air dan telah menelorkan beberapa album solo. Sekarang sebagai anggota DPR-RI dan bertugas di Komisi X. Belakangan, sehubungan dengan predikatnya sebagai wakil rakyat itu ia mengurangi kegiatan menyanyinya. Bahkan berhenti sama sekali jika itu menyangkut menyanyi secara professional. Ia hanya menyanyi untuk acara-acara khusus seperti konser amal, atau undangan teman dan keluarga. Apalagi kesibukannya bertambah karena ia sedang menyelesaikan pendidikan untuk program S2. Dalam THINKERBELLE ia bertindak sebagai vokalis, gitaris dan pencipta lagu.


FIA - @Fia_Fellow
Gitaris sekaligus penyanyi solo dan pencipta lagu. Pernah merilis solo album bertajuk “Ada Rindu Ada Cemburu”. Juga menjadi penulis lagu untuk beberapa artis seperti “Resah Tanpamu” Titi Kamal feat. Anji, lagu Thalita Latief, Cut Memey, Tina Toon, Drive,  dll.  Fia sendiri sebentar lagi akan merilis album solo kedua dibawah arahan Piyu PADI. Gitaris berbasic rock and blues ini menemukan pelampiasan memainkan musiknya bersama THINKERBELLE. 


IKA - @Ika_burn
Sangat mudah membedakan wanita satu ini dibanding teman se-band. Karakternya yang ceria, ngocol, seru, cuek dan meledak-ledak membedakan ia dengan yang lain. Sebagai gitaris, pilihan musiknya juga berbeda. Ika berangkat dari gitaris musik metal yang tentunya punya karakter bermain musik cepat dan meledak-ledak. Namun belakangan Ika membentuk band sendiri bernama Summerlily, sebuah band yang memainkan lagu-lagu pop ceria, jauh dari karakter sebenarnya. Lantas bersama THINKERBELLE yang nge-rock Ika bisa menyalurkan musik kerasnya.


THINKERBELL3
Adalah sebuah project non profit dari tiga wanita berbeda karakter yang sama-sama suka musik rock, peduli akan kaumnya, dan terpenting adalah menikmati musik sebagai bagian dari hidup mereka, diantara kesibukan mereka masing-masing. Lagu “NOL BESAR” adalah kolaborasi pikiran, keinginan, dan energi yang meledak-ledak. “Kami hanya ingin bercerita bahwa ada lo perempuan seperti ini, banyak lo perempuan yang diperlakukan tidak adil, dan ada perempuan yang mau peduli dengan sesama kaumnya. Tidak bermaksud menggurui, benar-benar menyuarakan jeritan hati. Dan karena kami musisi, ya kami bertutur lewat lagu. Itulah THINKERBELLE,” jelas Tere.

Andre J.O Sumual
@andreOPA
The Management: The Titans, Antik, Jirane, Pesta
+62818186669 / +628161161874 / +622199097272 / +6281385566545
Follow: @andreOPA,
YM: iniopa
FB : Andre 'Opa' Sumual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar